Selasa, 03 Juni 2014

1.      Deskripsi Perusahaan
a.    Nama Perusahaan            : PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk.
b.   Alamat Perusahaan          : Kawasan Industri Jababeka Blok W No. 40-41
                                         Cikarang, Bekasi 17530
                                         Telepon : 021- 893 5088
                                         Fax : 021 -893 5286
c. Alamat Pabrik                  :1. Kawasan Industri Jababeka Blok W No. 40-41
                                                  Cikarang, Bekasi 17530.
                                                  Telepon : 021 - 893 5088
                                                  Fax : 021 – 893 5286
2. Kawasan Industri Jababeka Blok U No. 33
Cikarang, Bekasi 17530.
Telepon : 021 – 8984 0348

3. Kawasan Industri PIER
Jl. Rembang Industri Raya No. 29
Pasuruan, Jawa Timur.
Telepon : 0343 – 740 388
Fax : 0343 – 740 387

4. Kawasan Industri Wijayakusuma
Jl. Tugu Wijaya III No. 1
Semarang, Jawa Tengah 50152.
      
d. Produk                                : Roti Tawar, Roti Manis, Ciffon Cake

e. Merek Produk                     : Sari Roti, Sari Cake

f. Sejarah                                 :
1995:
Berdiri sebagai sebuah perusahaan Penanaman Modal Asing dengan nama PT. Nippon Indosari  Corporation pada tahun 1995.
2001:
Meningkatkan kapasitas produksi dengan menambahkan dua lini mesin (roti tawar dan roti manis).
2005:
Perseroan membuka pabrik kedua di Pasuruan, Jawa Timur.
2008:
Perseroan membuka pabrik ketiga di Cikarang, Jawa Barat
2010:
Perseroan melakukan Penawaran Umum Saham Perdana pada tanggal 28 Juni 2010 di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ROTI.
2011:
Perseroan membangun tiga pabrik di Semarang (Jawa Tengah), Medan (Sumatera Utara) dan Cikarang Barat (Jawa Barat).
2012:
Perseroan membangun dua pabrik baru di Palembang (Sumatera Selatan) dan Makassar (Sulawesi Selatan), serta menambahkan masing-masing satu lini mesin pada tiga pabrik yang telah ada di Pasuruan, Semarang dan Medan.
g. Visi
Menjadi perusahaan roti terbesar di Indonesia dengan menghasilkan dan mendistribusikan produk - produk berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau bagi rakyat Indonesia.
h. Misi
Membantu meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia dengan memproduksi dan mendistribusikan makanan yang bermutu tinggi, sehat, halal dan aman bagi pelanggan.










2.      Cara melakukan efisiensi dan efektifitas
a. Menerapkan Supply Chain Management ( SCM ), sebuah kegiatan (manajemen) yang mengawasi bahan-bahan informasi dan aspek keuangan dalam proses pergerakkannya dari pemasok, produsen, distributor, pengecer hingga konsumen, dimana kegiatan tersebut meliputi koordinasi, kolaborasi dan integrasi rantai proses di dalam dan di luar Perseroan. Dengan melakukan SCM yang baik, Perseroan semakin efisien dan dapat memenangkan persaingan.
b. Melakukan pembangunan pabrik di daerah-daerah lain di Indonesia untuk dapat memenuhi kebutuhan produk roti yang berkualitas, halal, bersih dan sehat;
c. Memproduksi produk-produk baru baik roti maupun kue dan makanan ringan (snack) yang berbasis produk roti;
d. Memilih jalur distribusi yang tepat sehingga Perseroan dapat mendistribusikan produknya dengan cepat, tepat dan akurat. Minimarket, Supermarket dan Hypermarket merupakan jalur distribusi yang sesuai untuk produk Perseroan. Selain itu, Perseroan juga bekerja sama dengan para pedagang keliling dengan mendanai semua fasilitas gerobak roti, sehingga dapat membantu pendistribusian produk ke konsumen langsung dari rumah ke rumah. Perseroan juga menggunakan toko-toko tradisional lainnya seperti toko P&D, kantin, dan koperasi;
e. Perseroan senantiasa berusaha untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dalam posisi win-win. Marjin yang diberikan oleh Perseroan kepada para pelanggan adalah marjin yang kompetitif diantara perusahaan-perusahaan produk konsumen lainnya;
f. Dari segi pemasaran, Perseroan secara terus menerus menunjukkan kepada konsumen akan kebersihan fasilitas produksi serta usaha Perseroan untuk menjalankan GMP (Good Manufacturing Practice) dan sanitasi, dengan menerima kegiatan kunjungan pabrik setiap hari Senin – Jumat. Perseroan juga beriklan melalui media seperti TV yang menunjukkan keunggulan produk Perseroan;
g. Perseroan berencana untuk melakukan ekspansi dengan membangun pabrik di lokasi yang terdekat dengan konsumen. Hal ini untuk mengatasi kendala umur simpan produk yang sangat pendek, yaitu kurang dari 5 hari di pasar.
h. Bahan baku di pilih melalui seleksi yang ketat untuk memperoleh bahan baku yang berkualitas,sehingga setelah di proses didapatkan produk roti yang berkualitas pula.
3.      Pelaksanaan Fungsi Manajemen
a.    Perencanaan
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk mempunyai tanggung jawab untuk menerapkan suatu kebijakan mutu yang menjadi kebijakan perusahaan. Perusahaan mengikrarkan bersama untuk dapat dipahami, diterapkan, dan dipelihara oleh seluruh karyawan, yang merupakan suatu gagasan untuk menghasilkan produk yang bermutu sesuai dengan harapan serta kebutuhan pelanggan. Perusahaan senantiasa menghasilkan produk yang bermutu tinggi, sehat, halal, dan aman untuk dikonsumsi dalam rangka pencapaian visi dan misi perusahaan
b.   Pengorganisasian
Struktur organisasi di PT Nippon Indosari Corpindo Tbk dipimpin oleh seorang presiden direktur, direktur, direktur operasional yang membawahi berbagai divisi yang dipimpin oleh seorang manager yang dibantu oleh supervisor. Divisi-divisi tersebut yaitu divisi Product Development and Quality Assurance (PDQA), divisi Human Resourches and Development (HRD), divisi Finance and Accounting, divisi Plant, divisi Sales and Marketing, dan divisi Supply Chain Management (SCM).
c.    Pengarahan
Semua karyawan yang bekerja di di PT Nippon Indosari Corpindo Tbk akan diberitahu tata tertib yang di berlakukan perusahaan dan akan di berikan bimbingan pada awal mereka akan bekerja, hal itu dilakukan agar mereka tidak melakukan kesalahan yang akan merugikan perusahaan
d.   Pengawasan
Pengawasan yang ketat sangat  diterapkan di PT Nippon Indosari Corpindo Tbk ,mulai dari tahap pemilihan bahan baku, kemudian dalam  proses produksi hingga tahap sesudah pengemasan. Hal ini dilakukan agar bisa mencapai misi perusahaaan yaitu  menghasilkan produk yang tetap terjaga kehalalan, kesehatan, dan higienitas karena merupakan jaminan terhadap kepuasan pelanggan.





4.      Lingkungan Organisaasi
a.       Lingkungan Umum
-          Sosial – Budaya
Keadaan masyarakat Indonesia yang beranekaragam yang terbiasa mengkonsumsi nasi dan sangat jarang sekali mengkonsumsi roti akan memberikan pertimbangan kepada perusahaan dalam memproduksi berbagai macam jenis roti. Perusahaan akan memikirkan jenis roti apa yang akan diproduksi  agar menarik minat masyarakat untuk suka  mengkonsumsi roti.
-          Ekonomi
Dengan melihat keadaan ekonomi masyarakat Indonesia akan membantu perusahaan dalam menentukan harga jual dari roti yang di produksi agar sesuai dengan tingkat kemampuan masyarakat.
-          Teknologi
Pembuatan SARI ROTI di lakukan melaui proses yang modern tetapi tetap higenis sehingga dapat memberikan hasil berupa roti yang berkualitas, baik dari segi penampakan, tekstur, aroma, hingga rasa.
Dalam proses pembuatan SARI ROTI perusahaan menggunakan metode sponge and dough mixing. Metode ini memiliki kekurangan berupa proses yang diperlukan memerlukan waktu yang lebih lama, namun kelebihannya adalah dapat memberikan roti dengan kualitas terbaik, baik dari segi tekstur, kelembutan, aroma, dan rasa dari roti yang dihasilkan..
b.      Lingkungan Tugas
-          Pesaing
Pesaing SARI ROTI kebanyakan dari industri tradisional yang terkadang dalam proses pembuatannya kurang higienis, pengemasan yang kurang menarik, serta tidak ada jaminan pangan halal. Dengan tidak memiliki  kekurangan-kekurangan seperti yang ada pada industri roti tradisional, membuat SARI ROTI menjadi lebih mudah untuk bersaing dengan produk-produk yang lain walaupun memiliki harga yang sedikit lebih mahal.
-          Pemasok
Pemasok dipilih melalui beberapa tahapan yang cukup ketat dengan tujuan agar Pemasok yang telah terpilih dapat menjaga konsistensi kualitas dari bahan baku.
-          Pelanggan
Sasaran utama dari perusahaan adalah wanita karir dan ibu rumah tangga, dimana kadang mereka memilih makanan praktis untuk sarapan keluarga  ataupun bekal untuk di bawa anak-anak mereka pergi ke sekolah.
-          Pasar Tenaga Kerja
PT Nippon Indosari Corpindo adalah produsen roti tebesar di Indonesia dengan jumlah karyawan lebih dari 1000 karyawan, sehingga dalam penerimaan tenaga kerja harus memenuhi persyaratan diantaranya :
·      Shift Leader Produksi - Usia 25-33 thn, S1, 1 thn pengalaman kerja
·      PPIC OFFICER - Lulusan D3/ S1, 1 thn pengalaman kerja,
·      Shift Leader RM / Warehouse - D3, 1 thn pengalaman kerja,
·      QA/QC Supervisor - Pria/ Wanita, usia 28-38 thn, S1, diutamakan memiliki pengalaman kerja
·      Operator Maintenance - Pria, usia 18-28 thn, lulusan SMK/ D3, pengalaman kerja 1 thn
·      Lab Analyst / QC Officer - Pria/ Wanita, usia 22-28 thn, S1, diutamakan yang memiliki pengalaman kerja

c.       Lingkungan Internal
-       Karyawan
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk memiliki karyawan pria dan wanita dari berbagai tingkat pendidikan mulai dari sekolah menengah atas sampai dengan tingkat sarjana. Karyawan terdiri dari karyawan tetap, yaitu tenaga kerja yang bekerja secara tetap tanpa jangka waktu kontrak dan karyawan tidak tetap, yaitu tenaga kerja yang bekerja dalam jangka waktu tertentu, baik secara langsung dikontrak oleh perusahaan maupun melalui yayasan. Total tenaga kerja di PT Nippon Indosari Corpindo Tbk berjumlah 1200 orang. Pembagian jam kerja untuk karyawan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk terbagi menjadi dua bagian, yaitu untuk karyawan staf dan untuk karyawan non staf. Untuk karyawan staf waktu kerja dalam seminggu adalah lima hari kerja dari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk karyawan non staf yang ditempatkan pada bagian produksi dan raw material. Waktu kerja selama enam hari dalam seminggu dengan jumlah jam kerja tujuh jam sehari dan waktu istirahat selama satu jam, dengan pembagian waktu tiga shift
-       Manajemen
Ada  tujuh bagian manajemen dalam PT Nippon Indosari Corpindo Tbk yaitu, marketing Manager, General Manager (GM) Finance and Accounting, Product Development and Quality Assurance (PDQA) Manager, National Sales Manager, Supply Chain Management (SCM), General Manager Plant, Human Resources and Development-General Affair (HRD-GA) Manager.
-          Pimpinan
Terdapat tiga pimpinan yaitu :
·      Presiden Direktur
adalah pimpinan tertinggi PT Nippon Indosari Corpindo Tbk memiliki wewenang penuh terhadap perusahaan. Dalam pelaksanaannya, presiden direktur dibantu oleh seorang direktur.
·      Direktur
Direktur bersama-sama dengan direktur operasional membantu presiden direktur dan bertanggung jawab penuh atas jalannya kegiatan operasional perusahaan.
·      Direktur Operasional
Direktur operasional bertanggung jawab atas berlangsungnya kegiatan perusahaan sehingga tujuan dari perusahaan tercapai, yakni mencapai prestasi yang tinggi dalam menghasilkan produk-produk yang bermutu.









5. Bagian-bagian Manajemen dan aktifitasnya
a. Marketing Manager
Bertanggung jawab dalam hal pemasaran produk, melakukan survey pasar dengan melakukan penilaian terhadap competitor, menampung keluhan konsumen yang masuk, membuat konsep awal produk-produk pengembangan yang telah diperkirakan akan segera diluncurkan bersama dengan bagian produk, dan melakukan perhitungan biaya keseluruhan.
b. General Manager  (GM) Finance and Accounting
Bertanggungjawab atas aliran keuangan yang dilakukan oleh PT Nippon Indosari Corpindo Tbk termasuk pembukuannya. Departemen ini terbagi menjadi beberapa sub bagian,yaitu :
-    Finance and Accounting Manager (FAM) Cikarang
Bertanggungjawab untuk mengawasi keuangan hasil penjualan dan juga bertugas dalam menghitung stock opname terhadap bahan baku,biaya pajak, biaya produk-produk yang ditolak atau dikembalikan, maupun biaya operasional umum. FAM Cikarang membawahi accounting yang bertanggungjawab tehadap tagihan-tagihan para supplier,outlet, agen dan yang lainnya.
-    Internal Audit (IA) and System Procedur Manager
Internal Audit bertugas melakukan pemeriksaan terhadap keuangan perusahaan dan pemeriksaan terhadap sistem perusahaan serta bertanggung jawab kepada direktur operasional dan keputusan diserahkan kepadanya. Sistem prosedur memiliki tugas membuat sistem atau prosedur pembayaran, penagihan, dan hal-hal yang berhubungan dengan bagian accounting serta audit yang akan dibakukan oleh perusahaan.Bagian ini juga bertanggungjawab melakukan audit internal semua kegiatan yang berlangsung dalam PT Nippon Indosari Corpindo Tbk serta mengawasi prosedur SOP yang berlaku di perusahaan.
-    Purchasing Manager
Bertanggung jawab penuh terhadap pengadaan barang-barang untuk perusahaan,baik untuk keperluan produksi maupun untuk keperluan perusahaan lainnya.
-    Information Technology Manager
Bertanggung jawab terhadap sistem jaringan informasi dalam PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, serta bertugas pula dalam hal komputerisasi di perusahaan.
c. Product Development and Quality Assurance (PDQA) Manager
Bertanggung jawab terhadap pengembangan produk, menciptakan produk baru, pengawasan bahan baku, pengawasan saat proses produksi, dan pengawasan mutu produk. PDQA terbagi atas dua bagian yaitu :
-  Product Development (PD)
Bertugas untuk melakukan pengembangan produk baru,pengembangan produk yang sudah ada dengan beberapa alternative.
-  Quality Assurance (QA)
Bertanggung jawab atas kualitas mutu dan jaminan mutu produk yang dihasilkan, perbaikan, dan pengontrolan ( pengawasan ) mutu produk dengan rangkaian sistem pendukung seperti GMP (Good Manufacturing Practices), SSOP (Sanitation Standard Operating Procedures), HACCP (Hazard Analysis and Critical Point), dan Sistem Jaminan Halal (SJH). Pengontrolan dilakukan dari dalam yaitu dari area produksi langsung dan berdasarkan kontak keluhan konsumen.
d. National Sales Manager
Bertanggung jawab terhadap penjualan produk, biasanya dilakukan penetapan target jumlah penjualan yang harus dicapai.Bagian ini terbagi menjadi beberapa sub bagian, yaitu :
-  Branch Sales Jabotabek
Bertanggung jawab terhadap pengaturan penjualan produk pada agen- agen di daerah Jabotabek hingga Purwakarta dan Banten.
-  Branch Sales Jawa Barat
Bertanggung jawab terhadap pengaturan penjualan produk pada agen-agen di daerah Bandung dan Cirebon.
-  Key Account
Bertanggung jawab untuk menganalisa pasar, produk-produk yang ada di pasaran menganalisa produk pada RO (Reguler Outlet) yaitu untuk estimasi banyaknya produk yang akan dijual, menangani display produk yang ada di pasaran serta bertanggung jawab terhadap pembukuan outlet-outlet baru.
e. Supply Chain Management (SCM).
Bertugas dalam hal inventori bahan baku,pendistribusian produk jadi. Departemen ini terbagi menjadi 2 sub bagian, yaitu :
-    Production Planning and Inventory Control (PPIC)
Bertanggung jawab mengatur atau merencanakan banyaknya produk yang akan diproduksi, menerima, dan mengeluarkan bahan baku. Production Planning bertugas mengumpulkan data tentang estimasi penjualan produk dalam rangka penentuan permintaan barang. Inventory Control bertugas mengatur mengatur pemesanan, penerimaan, penyimpanan bahan baku serta penggunaanya dalam produksi agar tidak terjadi penumpukan bahan baku di gudang.
-    Finished Goods (FG) and Distribution
Finished Goods bertanggung jawab terhadap barang (produk jadi) yang akan dikirim. Distribution bertanggung jawab mengatur pengiriman barang yang telah di kemas ke RO (Reguler Outlet), distribution channel dan agen berdasarkan jumlah barang, agen atau outlet , serta area pemasaran.
f. General Manager Plant
Bertanggung jawab terhadap kegiiatan opersional produksi roti. Departemen ini terbagi menjadi dua sub bagian, yaitu :
-    Production Assistant Manager
Bertanggung jawab terhadap semua hal yang terkait produksi dari tahap pencampuran hingga pengemasan, yaitu serah terima bahan baku dari gudang bahan baku hingga pengemasan barang jadi serta pengawasan serah terima barang jadi ke bagian finished goods.
-    Technician Assistant Manager
Bertanggung jawab terhadap pengaturan, pengawasan dan perbaikan mesin dan peralatan yang digunakan oleh PT Nippon INdosari Corpindo Tbk.
g. Human Resources and Development-General Affair (HRD-GA) Manager
Bertanggung jawab terhadap hal yang berhubungan dengan hak dan kewajiban sumber daya manusia dalam PT Nippon Indosari Corpindo Tbk serta kegiatan operasional perusahaan secara umum. Departemen ini terbagi menjadi dua sub bagian, yaitu :
-    HRD Head
Bertugas mengatur prihal penerimaan karyawan dan pemenuhan kebutuhan jumlah karyawan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, mengatur hak dan kewajiban karyawan, fasilitas karyawan dalam bentuk uang serta bertugas untuk menjalankan fungsi sosial perusahaan seperti acara kunjungan pihak luar (masyarakat umum) dan penerimaan praktek lapang atau magang.
-    General Affair (GA)

Bertanggung jawab terhadap operasional perusahaan non produksi secara umum seperti pembayaran listrik, telepon, air, taman, kebersihan serta fasilitas karyawan seperti baju kerja, loker, kantin, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar