Selasa, 03 Juni 2014

PERAN PENDIDIKAN DALAM PERADABAN BANGSA
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, ketrampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya. Di dalam UU No. 20 tahun 2003 telah disebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peseta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
Dari definisi tersebut, sangatlah jelas bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam segala aspek, termasuk dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Generasi muda mempunyai peranan yang sangat penting dalam keikutsertaan memajukan peradaban  suatu bangsa. Proses pendidikan sangatlah berpengaruh terhadap kualitas generasi muda yang dihasilkan. Pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Peradaban merupakan tahap tertentu dari kebudayaan suatu masyarakat yang telah mencapai kemajuan yang dicirikan oleh tingkat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang telah maju.
Baiknya peradaban suatu bangsa bisa dilihat dari jumlah permasalahan yang di alami oleh bangsa tersebut, atau bisa dilihat dari tingkat kemakmuran masyarakatnya. Generasi muda adalah pihak yang paling menentukan bagaimana keadaan suatu bangsa di masa yang akan datang. Generasi muda yang baik dan berkualitas akan bisa diciptaan melalui proses pendidikan. Melalui pendidikan akan menciptakan generasi yang mempunyai kemampuan yang hebat dalam mengatasi berbagai permasalahan suatu bangsa.
Sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi pasti akan mencetuskan ide-ide hebat yang pastinya akan memberikan manfaat bagi masyarakat bangsa ini, seperti menghasilkan lapangan pekerjaan. Namun sebaliknya, jika kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan dari proses pendidikan buruk, maka akan semakin buruk pula keadaan suatu bangsa. Mereka tidak akan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan bangsa ini, justru mereka akan semakin menambah permasalahan bangsa.
Oleh sebab itu, sistem pendidikan dirancang tidak sembarangan, dalam hal ini adalah sistem pendidikan formal. Hal ini bertujuan agar output yang dihasilkan dari pendidikan benar-benar output yang berkualitas tinggi.
Belakangan ini di Indonesia, kualitas output yang dihasilkan melalui pendidikan formal semakin menurun. Hal ini terjadi akibat beberapa faktor, diantaranya yaitu sistem pendidikan yang diterapkan, ketidakseriusan peserta didik saat menjalani proses belajar  dan semakin terbawanya generasi muda oleh arus modernisasi. Generasi muda Indonesia saat ini lebih mementingkan pergaulannya dari pada pendidikannnya. Hal tersebut semakin memperburuk kualitas pendidikan Indonesia. Padahal hal yang diharapkan dari suatu pendidikan adalah terciptanya sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berkualitas. Kualitas sumber daya yang semakin baik akan semakin mempengaruhi peradaban bangsa ini.
Beberapa masalah sering sekali terjadi dalam dunia pendidikan Indonesia, seperti  kecurangan yang dilakukan oleh siswa saat ujian yaitu mencontek. Hal ini terjadi karena ketidaksiapan dari peserta didik itu sendiri, salah satu penyebabnya yaitu mereka lebih memilih bergaul dengan teman-teman mereka dan menyepelekan pendidikan. Dari contoh permasalahan ini menghasilkan lulusan sumber daya manusia yang kurang berkualitas.
Semakin bertambahnya sumber daya manusia yang kurang berkualitas di Indonesia, semakin memperburuk permasalahan bangsa. Seperti kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia untuk jumlah lulusan yang semakin tahun semakin bertambah. Sesungguhnya apabila lulusan-lulusn tersebut berkualitas, pasti mereka akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Dimana hal ini akan memajukan perekonomian di Indonesia dan pada akhirnya akan memajukan perabadaban bangsa, sehingga Indonesia tidak di anggap lemah oleh dunia luar.
Saat ini yang diperlukan dalam pendidikan Indonesia adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter menjadi sangat penting keberadaannya bagi pendidikan di Indonesia, karena pendidikan karakter akan menjadi penyeimbang antara pengetahuan dan moral yang ada pada peserta didik. Pendidikan karakter yang sangat diperlukan adalah pendidikan moral agama. Pendidikan moral agama akan  membentuk generasi-generasi muda yang pandai namun juga mempunyai akhlak yang baik.
Saat ini banyak sekali orang-orang yang berpendidikan tinggi namun tidak mempunyai akhlak yang baik. Hal ini bisa dilihat dari semakin maraknya korupsi yang dilakukan oleh para pejabat pemerintahan. Padahal mereka adalah seseorang yang sudah pasti mengenyam pendidikan tinggi dan mempunyai pengetahuan yang tidak perlu diragukan lagi. Tetapi mereka tidak mempunyai karakter yang baik, sehingga mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan akan memperburuk peradaban bangsa ini.
Dengan demikian pendidikan merupakan sesuatu yang paling berpengaruh terhadap maju atau tidaknya peradaban suatu bangsa. Karena dari pendidikan akan tercipta sumber daya manusia yang nantinya akan menentukan bagaimana keadaan bangsa selanjutnya. Dan yang saat ini sangat diperlukan yaitu pendidikan karakter. Seseorang yang mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang tinggi serta moral yang baik akan menjadi faktor yang sangat mendukung bagi peradaban bangsa ini menuju bangsa yang semakin berkualitas.





DAFTAR PUSTAKA
Munib,Ahmad dkk.2012.Pengantar Ilmu Pendidikan.Semarang:Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang
Pramita,Wirdah.2010.Pendidikan dan Peradaban Bangsa.http://pramitaseishin.blogspot.com/p/pendidikan-dan-peradaban-bangsa.html.diunduh tanggal 21 April 2014



0 komentar:

Posting Komentar