BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Perguruan Tinggi berperan dalam
pembangunan Nasional. Tujuan utama pembangunan Nasional adalah pembentukan
masyarakat Indonesia yang modern namun tetap berpegang teguh pada Pancasila.
Dalam pembentukan masyarakat yang modern ini, Perguruan Tinggi bertugas
menciptakan tenaga-tenaga ahli yang memiliki pengetahuan tinggi dan mampu
mengembangkan ilmunya melalui teknologi yang akhirnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat
Indonesia secara keseluruhan. Hal tersebut biasa disebut dengan Tri Darma Perguruan Tinggi.
Di dalam Perguruan Tinggi pasti dikenal
yang namanya Tri Darma Perguruan Tinggi, karena hal itu adalah tujuan dari
didirikanya suatu Perguruan Tinggi, yaitu menciptakan lulusan mahasiswa yang
berpendidikan, dan berguna tidak hanya untuk dirinya sendiri,namun juga berguna
bagi masyarakat Indonesia
Hampir
semua Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia baik itu Perguruan Tinggi Negeri
maupun Perguruan Tinggi swasta berusaha semaksimal mungkin agar Tri Darma
Perguruan Tinggi tersebut berjalan dengan semestinya. Namun dalam kenyataannya,
Perguruan Tinggi belum mampu mewujudkan ketiga Tri Darma tersebut dalam diri
Mahasiswa. Terkadang Perguruan Tinggi hanya mampu mewujudkan dua poin atau
bahkan satu poin saja terhadap diri mahasiswa. Dari hal ini dapat dilihat bahwa
Tri Darma Perguruan Tinggi tidak berjalan secara simultan.
Mungkin di beberapa Perguruan Tinggi ada
yang mampu mewujudkan ketiga poin dalam Tri Perguruan Tinggi, namun masih jarang
sekali Tri Darma Perguruan Tinggi yang diwujudkan sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila. Padahal Pancasila adalah dasar Negara yang harus diterapkan dalam
segala hal dalam kehidupan. Maka dari itu makalah ini akan membahas tentang sulitnya mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang sesuai dengan
Pancasila.
1.2
Rumusan Masalah
Dari
latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka timbul beberapa rumusan
masalah;
1.2.1 Apa isi dari Tri Darma Perguruan Tinggi ?
1.2.2
Bagaimana contoh perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi yang tidak sesuai dengan
Pancasila?
1.2.3 Apa hubungan antara Tri Darma Tinggi dengan
Pancasila?
1.3
Tujuan
1.3.1 Mengetahui
makna dari Tri Darma Perguruan Tinggi
1.3.2 Mengetahui contoh perwujudan
Tri Darma Perguruan Tinggi yang tidak sesuai dengan Pancasila
1.3.3 Memahami hubungan antara Tri Darma Perguruan
Tinggi dengan Pancasila
1.4
Manfaat
Setelah memahami makna dari
Pancasila dan tujuan dari pembangunan Nasional, maka dapat diketahui betapa
pentingnya Tri Darma Perguruan Tinggi dalam mewujudkan pembangunan Nasional
yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga Pancasila sebagai dasar
Negara benar-benar dijadikan pedoman dalam setiap tingkah laku. Sehingga tidak
ada lagi kasus-kasus yang terjadi karena tidak diterapkannya Pancasila dalam lingkungan kampus.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Tri Darma
Perguruan Tinggi
2.1.1
Pengertian Tri Darma Perguruan Tinggi
Tri
Darma Perguruan Tinggi yaitu tiga dasar tanggung jawab yang harus diciptakan
oeh mahasiswa sebagai kaum intelektual di Negara ini. Tri Darma Perguruan
Tinggi merupakan salah satu visi dan misi yang menjadi tujuan seluruh Perguruan
Tinggi yang ada di Indonesia baik itu Perguruan Tinggi negeri maupun swasta.
Setiap poin dalam Tri Darma Perguruan Tinggi merupakan suatu kesatuan yang
saling menunjang, tidak boleh ada pertentangan atau persaingan,dan harus
dikembangkan secara simultan atau bersama-sama. Tri Darma Perguruan Tinggi yang
diterapkan mempunyai tujuan akhir yaitu menghasilkan mahasiswa yang bisa
berguna bagi perkembangan masyarakat Indonesia.
2.1.2 Isi Tri Darma Perguruan Tinggi
1. Pendidikan
Pendidikan
merupakan kegiatan dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang memiliki
kemampuan akademik dan professional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan
menciptakan IPTEK, dan seni. Pendidikan juga bisa berarti proses berlangsungnya
pewarisan ilmu pengetahuan dari dosen
atau pun dari kakak mahasiswa. Pendidikan bisa dijadikan poin yang paling
penting dari ketiga poin dalam Tri Darma Perguruan Tinggi, karena dengan adanya
pendidikan yang berkualitas, maka akan menciptakan para mahasiswa yang berkualitas
juga.
Mahasiswa
akan banyak melakukan penelitian yang bermanfaat berdasarkan ilmu pengetahuan
yang diperolehnya dan selanjutnya hasil dari penelitiannya akan di terapkan dalam masyarakat. Dengan
adanya pendidikan yang baik di Perguruan Tinggi, akan menghasilkan generasi
penerus bangsa yang kelak akan menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang
lebih baik .
2. Penelitian
Penelitian
merupakan kegiatan dalam upaya menghasilkan konsep, teori atau informasi baru
untuk memperkaya IPTEK dan seni. Penelitian mempunyai peranan yang sangat
penting, karena dengan adanya penelitian, maka mahasiswa akan bisa
mengembangkan ilmu pengetahuan dan menerapkannya untuk kesejahteraan
masyarakat. Tanpa adanya penelitian ,pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
akan terhambat. Penelitian dapat dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa ahli yang
dihasilkan melalui proses pendidikan.
Penelitian
di Pergurun Tinggi tidak hanya dilakukan untuk menciptakan sesuatu yang
bermanfaat untuk masyarakat pada saat itu saja, namun penelitian yang dilakukan
juga harus mempunyai manfaat yang bisa
dirasakan di masa yang akan datang. Perguruan Tinggi harus mampu menjadi tempat
yang dapat menghasilkan temuan-temuan inovatif melalui kegiatan-kegiatan
penelitian yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi
pengembangan ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam berbagai upaya
pembaharuan. Penelitian bisa juga dilakukan guna memecahkan masalah
kemasyarakatan secara ilmiah.
3. Pengabdian Kepada Masyarakat
Merupakan
kegiatan yang memanfaatkan IPTEK dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan
masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan dalam rangka
kontribusi Perguruan Tinggi kepada masyarakat dengan melakukan sesuatu yang
bersifat nyata yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat yaitu dengan
menerapkan ilmu teknologi yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan
penelitian. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi
tidak bersifat untuk mencari keuntungan. Mahasiswa harus berupaya melakukan
sesuatu yang benar-benar dapat menambah kesejahteraan masyarakat.
Perkembangan
ilmu pengetahuan yang ada di masyarakat tergantung pada kemampuan para ilmuwan
termasuk para mahasiswa dalam mengembangkan sebuah inovasi baru. Mahasiswa
melalui pemikiran-pemikirannya dapat melakukan pembaharuan pola pikir
masyarakat menjadi lebih modern tetapi masih berpedoman pada Pancasila.
Tentunya sebelum mahasiswa melakukan pembaharuan terhadap masyarakat, mereka
harus menguasai ilmu pengetahuan terlebih dahulu. Dengan ilmu pengetahuan yang
dimiliki, maka mereka akan bisa melakukan penelitian-penelitian berdasarkan
dari ilmu pengetahuan yang mereka peroleh, hasil dari penelitian tersebut yang
diharapkan dapat lebih membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih maju,
terutama masyarakat yang tertinggal dan miskin.
Hasil
dari penelitian-penelitian yang dilakukan Mahasiswa diharapkan bukan hanya melakukan
penelitian yang hanya bermanfaat untuk masyarakat golongan tertentu saja, namun
juga terhadap semua golongan, sehingga nantinya keberhasilan yang dicapai oleh
mahasiswa Indonesia dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, terutama
masyarakat yang kurang maju. Tanpa adanya suatu manfaat yang lebih dalam sebuah
penelitian yang dilakukan, maka akan sia-sia saja apa yang telah mereka
lakukan, toh juga apa yang mereka lakukan tidak akan mampu mengubah masyarakat
menjadi lebih modern.
2.2
Perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi yang tidak sesuai Pancasila
Tri
Darma Perguruan Tinggi merupakan satu kesatuan yang dalam proses mewujudkannya
tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Antara poin yang satu dengan poin yang
lainnya akan saling mempengaruhi, tidak mungkin penelitian itu dilakukan tanpa
adanya pengetahuan yang bisa diperoleh melalui proses pendidikan. Dan tidak
mungkin seorang mahasiswa akan mengabdi kepada masyarakat jika ia tidak
mempunyai suatu penemuan yang bisa dimanfaatkan dalam masyarakat. Namun tidak
semua mahasiswa mampu melaksanakan ketiga poin dalam tri darma perguruan
tinggi, ada kalanya ada mahasiswa yang hanya bisa memperoleh teori saja dari
proses pendidikan yang dilakukan tanpa menciptakan suatu penelitian yang dapat
dimanfaatkan oleh masyarakat. Bahkan ada
mahasiswa yang hanya mengejar gelar saja tanpa memikirkan perannya dalam
masyarakat.
Saat
ini mahasiswa sepertinya sulit
menciptakan tri darma perguruan tinggi secara simultan atau
bersama-sama, apalagi menciptakan tri darma tersebut yang sesuai dengan
Pancasila. Padahal Pancasila merupakan unsur penting yang harus diikutkan dalam
setiap kegiatan yang dilakukan. Seiring perkembangan zaman, Pancasila semakin
dilupakan oleh para mahasiswa, padahal mahasiswa adalah generasi yang diharapkan bisa membangun Negara ini menjadi
lebih baik dari sebelumnya. Sebenarnya jika tri darma perguruan tinggi tersebut
dilakukan dengan mengacu pada pancasila, akan menciptakan lulusan-lulusan yang
hebat, yang bisa mengubah masyarakat Indonesia menjadi lebih modern, namun
dengan tidak melupakan Pancasila yang menjadi dasar dari negaranya. Sudah
seharusnya mahasiswa mengubah perilaku mereka agar dalam mewujudkan Tri Darma
Perguruan Tinggi akan senantiasa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Sebagai contoh
tidak diterapkannya Pancasila dalam lingkungan kampus yaitu :
a.
Hilangnya nilai-nilai agama yang bisa dilihat dari pergaulan yang semakin
bebas, seiring dengan masuknya kebudayaan-kebudayaan barat yang tidak sesuai
dengan norma-norma agama. Kehancuran moral mereka otomatis akan
mempengaruhi prestasi mereka.
b.
Ketika mahasiswa melakukan demonstrasi untuk mengeluarkan aspirasinya, pasti
berujung pada kerusuhan dengan aparat yang mengamankan demonstrasi, bahkan
tidak jarang demonstrasi menimbulakan korban jiwa. Mereka tidak mengedepankan
musyawarah untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
c.
Lulusan dari perguruan tinggi banyak yang melakukan hal-hal yang tidak
mencerminkan nilai-nilai dari pancasila, seperti pejabat-pejabat yang banyak melakukan
korupsi yang pada ujungnya tidak membangun masyarakat menjadi lebih maju namun
menyengsarakan rakyat. Bahkan pejabat yang mengerti hukum sekalipun, ada yang
tidak melaksanakan kewajiban yang seharusnya. Hal itu mungkin terjadi karena
pada saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi, tidak menjadikan pancasila
sebagai dasar dari tingkah lakunya.
2.3
Hubungan Pancasila dengan Tri Darma Perguruan Tinggi
Pancasila
diciptakan untuk menjadi acuan dalam menjalankan semua kegiatan yang
dilangsungkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semua tokoh-tokoh
Nasional yang menyusun teks Pancasila pasti sudah memikirkan dengan serius apa
yang akan menjadi dasar Negara dari negaranya yang pada akhirnya akan membentuk
masyarakat Indonesia yang sejahtera. Namun Pancasila masih kurang diwujudkan
dalam kehidupan kampus, terutama oleh mahasiswa.
Dalam
mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, setiap tindakan yang dilakukan oleh
semua orang yang terkait terutama oleh
mahasiswa haruslah sesuai dengan setiap sila yang terdapat dalam Pancasila.
Untuk apa Pancasila diciptakan jika tidak untuk dijadikan pedoman atau dasar dari setiap tingkah laku
masyarakatnya. Pancasila akan sangat berperan dalam mewujudkan Tri Darma
Perguruan Tinggi. Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat
tidak akan berjalan dengan baik tanpa didasari dari Pancasila. Pancasila akan
memegang peran yang sangat penting dalam rangka perwujudan Tri Darma Perguruan
Tinggi. Keterkaitan antara Pancasila dengan perwujudan Tri Darma Perguruan
Tinggi yaitu :
1.
Sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha
Esa. Sila ini akan mendasari setiap tingkah laku mahasiswa. Mahasiswa yang
ber-Ketuhanan atau memahami agama tidak akan berperilaku yang menyimpang dari
aturan agama. Jika mahasiswa tidak berperilaku menyimpang, maka otomatis proses
pendidikannya tidak akan terganggu, sehingga nantinya akan bisa melakukan penelitian-penelitian
yang berguna bagi masyarakat.
2.
Sila kedua yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab. Pemahaman mahasiswa
terhadap sila ini akan membuat mahasiswa tidak melakukan hal-hal yang semena
–mena terhadap saudara-saudaranya sesama
Mahasiswa.
3.
Sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia. Dapat memberikan rasa persatuan dan
kesatuan antar sesama Mahasiswa, sehingga nantinya bisa besama- sama mewujudkan
Tri Darma Perguruan Tinggi yang berlandaskan Pancasila.
4.
Sila Keempat yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan/perwakilan. Mahasiswa yang memahami sila ini akan selalu
mengedepankan musyawarah ketika terdapat banyak pendapat yang masuk mengenai
suatu masalah. Sehingga tidak ada lagi demonstrasi yang berujung pada kerusuhan
yang bisa menimbulkan korban.
5.
Sila kelima yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Suatu keadilan
akan tercipta ketika dilandaskan pada pancasila.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dari
pembahasan diatas dapat disimpulkan
bahwa Perguruan Tinggi sangat berperan dalam mewujudkan pembangunan nasional
yaitu dengan melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi secara simultan atau
bersama-sama. Setiap poin dalam Tri Darma Perguruan Tinggi saling berkaitan
satu sama lain, sehingga agar bisa meningkatkan pembangunan nasional, maka Tri
Darma Perguruan Tinggi harus dilaksanakan sepenuhnya tanpa meninggalkan salah
satu poinnya.
Dalam
pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi juga harus sesuai dengan dasar Negara
Indonesia yaitu Pancasila. Hal itu dilakukan agar semua pelaksanaan Tri Darma
Perguruan Tinggi tidak menyimpang dari norma-norma Pancasila. Mahasiswa
memegang peran penting dalam pembentukan masyarakat Indonesia yang modern.
Mahasiswa adalah manusia yang akan menjadi penentu terhadap kemajuan bangsa.
Maka dari itu mahasiswa harus mengerti,memahami, dan melaksanakan Pancasila
dalam lingkungan kampus maupun lingkungan masyarakat.
3.2
Saran
Dari
kesimpulan diatas yaitu mahasiswa adalah penentu dari kemajuan atau kemerosotan
bangsa, memberikan makna bahwa kita sebagai mahasiswa harus meninggalkan semua
perbuatan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang mahasiswa, apalagi kita
dituntut untuk bisa mewujudkan ketiga poin dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.
Tri Darma Perguruan Tinggi juga akan terwujud jika kita melandaskan semua
perbuatan kita berdasarkan Pancasila.
DAFTAR
PUSTAKA
Soegito
A.T, dkk.2013.Pendidikan Pancasila. Semarang:Pusat
Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Univesitas Negeri Semarang.
http://alfianh.ngeblog.ittelkom.ac.id/2013/08/25/tri-dharma-perguruan-tinggi/ (Rabu / 9 Oktober 2013 / 13.38)
http://iw4nrisw4ndi.blogspot.com/2011/04/pengertian-tri-dharma-perguruan-tinggi.html (Rabu/ 9 Oktober 2013/ 13.40)
http://dian-puspita-fib11.web.unair.ac.id/artikel_detail-82143-Umum-Aplikasi%20Tri%20Dharma%20Perguruan%20Tinggi%20yang%20Menyangkut%20%20Nilai%20Etis%20dan%20Estetis.html ( Rabu/9 Oktober 2013 / 13.45)
http://www.ditpertais.net/regulasi/domlit/02.asp (Rabu/9 Oktober 2013/13.58)
http://rahayukusumapratiwi.blogspot.com/2012/10/esai-nilai-nilai-tri-dharma-perguruan.html
(Rabu/9 Oktober 2013/14.04 )
http://alzyress.wordpress.com/2012/07/10/tri-dharma-perguruan-tinggi/c3g (Kamis/10 Oktober 2013/08.08)
http://aktualisasi-pancasila-dalam-kehidupan.html ( Jum’at/11 Oktober 2013/ 17.36)
0 komentar:
Posting Komentar